Save to Excel and Read to Listview  MIT App Inventor - Assalamualaikum.wr.wb, Semoga Keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah pada kalian.Aminnn Ya robbalalamin, dari coba caba dan penasaran akkhirnya saya bisa mengkoneksikan MIT App Inventor dengan Mini Exel (Csv), Pada Tutorial Save to Excel and Read to Listview  MIT App Inventor saya berharap bagi pembaca bisa mengembangkankannya dan bermanfaat juga tentunya, apabila anda ingin melanjutkan project saya nenti bisa langsung Download Source Code Save to Excel and Read to Listview  MIT App Inventor.
Excel MIT App Inventor

Pada dasarnya project saya ini hanyalah menyimpan ke excel yang berextensi “Csv” yang isinya sangatlah sederhana sekali, Jika anda menemukan soruce code yang lebih sederhana saya harappun anda bisa berbagi dengan saya disini, karna saya maklumi saja masih pemula dan masih banyak belajar juga tapi meskipun ilmu saya sedikit saya sangat bersyukur dan terus belajar, semoga ada hikmahnya dibalik saya belajar ini, minimal bisa berbagi kepada seudara yang lagi membaca ini. Amin ya robbalalamin…


Untuk menghemat waktu langsung saja kita praktekin cara membut project excel dengan MIT App Inventor, pertama anda buat dulu nama projectnya seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Project Excel MIT App Inventor
Selanjutnya masukan komponen komponen yang diperlukan seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Design Excel MIT App Inventor
Untuk propertynya silahkan anda sesuaikan dengan gambar diatas, kalau kurang mengerti sulahkan tinggalkan pesan dikolom komentar, selanjutnya kita menyusun block programnya.


Pertama kita susun block prosedur untuk clear yang artinya menghapus string yang ada ditextbox secara berkelompok setelah melakukan input data, buat blocknya seperti gambar dibawah ini.
Tampilan block Prosedur clear textbox MIT App Inventor
Setelah menyusun block clear, ikuti selanjutnya menyusun block save yang artinya menyimpan data ke mini excel dan berextensi csv, seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Save Excel MIT App Inventor
Keterangan : Untuk filename silahkankan masukan formatnya seperti ini “/[nama file].csv seperti block diatas.
Selanjutnya block untuk read yang berfungsi membaca file excel csv ke listview dan susun blocknya seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Read Excel to ListView MIT App Inventor
Keterangan : Untuk filename silahkankan masukan formatnya seperti ini “/[nama file].csv seperti block diatas.
Nah, cumin segitu aplikasi simpan data ke excel menggunakan MIT App Inventor, silahkan beri saran dan silahkan juga bertanya apabila ada pertanyaan, Untuk lebih jelasnya bisa diklik video tutorianya : Video Tutorial Save to Excel and Read to Listview  MIT App Inventor . jangan lupa disubscribe dan tunggu video2 berikutnya..

Link Download :
Download Source Code Save to Excel and Read to Listview  MIT App Inventor | aia / Apk


Semoga setidaknya sedikit bermanfat untuk yang membaca sekarang ini. Amin...
Wassalam.

26 comments:

  1. Halo teman, saya seorang guru, saya merasa aplikasi Anda sangat menarik, saya ingin menggunakannya untuk menerima kehadiran siswa di kelas saya. Saya harap ini membantu saya, untuk mendapatkannya, jadi saya ingin mengunduh file yang Anda tawarkan di halaman Anda tetapi tautannya tidak berfungsi atau saya tidak tahu di mana Anda telah menggantung tautan karena saya mengeklik APK yang Anda tunjukkan.
    Terima kasih atas kerja sama Anda. docenciafalcon@gmail.com

    ReplyDelete
  2. database google sheet dah bisa lum. pake MIT APP INVENTOR + google script + google sheet.

    ReplyDelete
  3. bagaimana ya saya mahu update list yang sudah sedia ada ? maksud saya disini, jika saya mahu replace nama tadi dengan nama yang baru ?

    ReplyDelete
  4. Goooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooddddddddd

    ReplyDelete
  5. Hola, excelente trabajo, como hago para que en listview se muestre solo los datos de la persona que busco y no todos los datos de excel. gracias
    google translator
    Halo, kerja bagus, bagaimana saya hanya menampilkan data orang yang saya cari dan tidak semua data excel. terima kasih

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum mas ini link nya udah mati tolong di perbaiki.

    ReplyDelete
  7. Halo ... Saya berharap Anda dapat membantu saya seperti yang saya lakukan untuk membuat aplikasi itu memiliki opsi untuk menghapus data dari daftar penampil dan kemudian memperbaruinya ke ekspor untuk unggul. Terima kasih !!!

    ReplyDelete
  8. Halo ... Saya berharap Anda dapat membantu saya seperti yang saya lakukan untuk membuat aplikasi itu memiliki opsi untuk menghapus data dari daftar penampil dan kemudian memperbaruinya ke ekspor untuk unggul. Terima kasih !!!

    ReplyDelete
  9. Hola... Podrías actualizar los enlaces de descargas

    ReplyDelete
  10. Halo kaka. Saya mau nanya. Gimana ya cara memunculkan fieldnya (tulisan nik, nama, alamat) di dalam csv nya. Saya udah coba. Saya taruh di join. Tapi fieldnya muncul terus saat di klik save. Gimana yaa supaya fieldnya munculnya sekali aja?

    ReplyDelete
  11. Hello, How can i read another language, it shows unreadable symbols..

    ReplyDelete
  12. ADD ME ONE CELD IN THE SCREEM 1 ? APP INVENTO ?

    ReplyDelete
  13. Hello Ahmad,

    I have a project, I need support in reading data. Please can you help.


    akgun.arif@gmail.com

    ReplyDelete
  14. hi , can you help me in this problem i want to but csv data already built in app i want to make it in MIT app inventor and but search batten just how can i do this

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  16. Hi

    I managed to get this to work thank you. I have now added to 2 list pickers but I can’t get the notifier to work now as the RequestedFocus notifier IWS this available for list picker that I can see. Thanks for any help.

    ReplyDelete
  17. i nee =d this excel extension @ arajbhw@gmail.com

    ReplyDelete
  18. boa tarde nao consigo baixar no link o projeto .aia

    ReplyDelete

Mari Berbincang Secara Bijak